Tabel dan Format Cell


Menyambung pertemuan kita sebelumnya, dimana Anda sudah ditugaskan untuk membuat tabel. Padahal kita sama sekali belum menyinggung tentang tabel di pertemuan sebelumnya. Tapi mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui cara membuat tabel tsb. Disini penulis akan mencoba untuk share mengenai cara pembuatan tabel ini.
  • Pertama, pilih range mana yang akan kita buatkan tabel.


  • Setelah Range terbentuk, kita bisa menggunakan 2 cara dalam pembuatannya.
    • Pertama, melalui Menu Home dengan cara : Pilih Home - pada tab Font pilih icon yg berbentuk jendela (border) - Pilih All Border.



    • Cara yang kedua adalah ketika range sudah terblok, kita menekan CTRL + 1 untuk masuk ke dalam format cell. Pilih Tab Border - Pilih Outline dan Inside - Pilih OK.

Setelah kita mahir dalam pembuatan tabel sekarang kita akan mempelajari tentang bagaimana memformat cara memformat cell. Jika dalam Ms. Word kita dapat Copy-Paste kata, didalam Excel inipun kita dapat melakukannya. Untuk itu mari kita pelajari bersama :
  1. Cara Mengkopy dan Memindahkan Cell (Copy-Paste, Cut Cell)
    • Mengkopi/menduplikasi cell (Copy Cell)
      • Blok cell yang ingin Anda copy.
      • Pada tab Home pilih Copy (atau tekan CTRL+C).
      • Pilih cell yang akan menampung hasil kopian.
      • Kemudian Pilih Paste pada tab Home (atau tekan CTRL+V) untuk menampilkan isi kopian.
    • Memindahkan cell (Cut Cell)
      • Blok cell yang ingin Anda pindahkan.
      • Pada tab Home pilih Cut (atau tekan CTRL+X).
      • Pilih cell yang akan menampung hasil pemindahan cell.
      • Kemudian Pilih Paste pada tab Home (atau tekan CTRL+V) untuk menampilkan isi cell.
  2. Membuat Nomor dan Bulan berurut secara otomatis
    • Untuk nomor, ketikkan angka pertama dan kedua. Sedangkan untuk Bulan cukup mengetikkan bulan pertama saja.
    • Kemudian, letakkan pointer pada sudut kanan bagian bawah cell tsb.
    • Bila pointer sudah menunjukkan seperti tanda tambah (+), maka Anda klik (dan tahan) tanda tsb serta gerakkan(drag) mouse bawah hingga nomor yang Anda inginkan.
  3. Menggabungkan cell (Merge)
    Terdapat 2 cara untuk Merge cell ini,
    Pertama, melalui Format Cell :
    • Blok cell yang akan kita gabungkan.
    • Buka Format Cell (CTRL+1).
    • Pilih tab Aligment, pada bagian Text control pilih Merge cells.
    • Klik OK.

    Kedua, melalui Tab Home :
    • Blok cell yang akan kita gabungkan.
    • Pada tab Home, pilih icon Merge & Center.
  4. Mengatur tata letak teks
    Untuk mengatur tata letak teks ini juga bisa digunakan 2 macam cara.
    1. Menggunakan tab Home :
      • Pilih cell yang ingin di atur letaknya.
      • Kemudian pilih icon seperti dibawah, dan lihat perubahannya.
        .:. Keterangan:
        • Secara Vertikal.
          1. Top Align : Teks berada pada pojok atas cell.
          2. Middle Align : Teks berada pada bagian tengah cell.
          3. Bottom Align : Teks berada pada bagian bawah cell.
        • Secara Horizontal.
          1. Align Left : Teks menjadi rata kiri.
          2. Center : Membuat teks rata tengah.
          3. Align Right : Teks menjadi rata kanan.
    2. Menggunakan Format Cell:
      • Pilih cell yang ingin di atur letaknya.
      • Tekan CTRL+1, masuk pada menu Aligment.
      • Pilih pengaturan horizontal dan vertikalnya.
      • Klik OK.
  5. Membuat Simbol Mata Uang Otomatis.
    • Pilih cell yang akan kita ganti mata uangnya.
    • Kemudian tekan CTRL+1.
    • Pada tab Number, pilih caterogy Accounting.
    • Pilih Rp Indonesian pada symbol.
    • Klik OK.

  6. Custom Type Teks.

    • Pilih cell yang akan kita custom.
    • Kemudian tekan CTRL+1.
    • Pada tab Custom, pada type masukkan dlm tanda petik (") kata yg ingin dimasukkan.
    • Klik OK
Sekarang, mari kita coba kerjakan latihan 2.
Tugas Anda adalah membuat seperti pada gambar dibawah ini :

Tugas ini diambil dari SMA 1 Kudus.
Jika Anda sudah mahir disini, mari kita lanjutkan pada materi berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar