Pengenalan Dasar Ms. Excel

Sebelum kita sama-sama masuk kedalam pembahasan Ms. Excel, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Ms. Excel dan fungsi2 dasarnya.

Kalau kita melirik dari Wikipedia pengertian Ms. excel itu adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. 
Sekarang mari kita masuk kedalam Ms. Excel, disini penulis menggunakan Excel 2013
Setelah masuk ke excel 2013 muncul pilihan seperti pada gambar :



Kita bisa memilih banyak template, di Excel 2013 ini.
Tapi untuk sekarang ini kita Pilih "Blank Workbook",
Maka pada monitor kita akan ada tampilan seperti ini :


Penjelasan :

  • Menu Undo, Redo, Customize Toolbar
    Undo : Icon ini digunakan untuk membatalkan/mengembalikan proses sebelumnya. Contoh : jika kita akan menuliskan kata "Indra" tetapi yang kita tulis "Indri". Dalam kondisi ini kita dapat menggunakan 2 cara. Pertama, bisa kita hapus kata "Indri" dan langsung di tulis ulang dengan kata "Indra". Dan yang kedua kita klik Undo atau bila melalui keyboard dengan menekan CTRL + Z.

    Redo : berfungsi untuk mengulang/membatalkan proses Undo.

    Customize Quick Access Toolbar : Sebuah menu yang menyediakan tombol cepat pada toolbar.
  • Menu Bar Kanan
    Menu bar ini memiliki 5 icon fungsi yaitu :
    • Microsoft Excel Help
    • Ribbon Display Option : untuk mengatur ketampilan menu bar.
    • Minimize : untuk menutup sementara program.
    • Restore : untuk membesar/kecilkan tampilan program.
    • Close : untuk menutup program


  • Menu Bar : Berisi icon-icon untuk mempercepat dan mengefisiensikan kita dalam pengoperasian program.
  • Coloumn dan Baris.
    Coloumn : Berisi tentang petunjuk kolom pada lembar kerja yang aktif.
    Baris : berisi sebagai petunjuk yg ditampilkan lewat nomor yang menjulur kebawah.
    Jumlah baris dan kolom :
    Pada Ms. 2003, Jumlah Baris : 65.536 baris dan Jumlah Kolom : 256 kolom.
    Pada Ms. 2007-2013, Jumlah Baris : 1.048.576 baris dan Jumlah Kolom : 16.384 kolom.
  • Cell : Gabungan antara cell dan kolom. Misal, cell A2, B6, D9.
  • Range : Gabungan/kumpulan dari beberapa cell. Misal, Range A2:B8.

Setelah kita mengenal menu-menu pada Excel 2013, sekarang mari kita lakukan untuk mengisi lembar kerja kita.

  1. Input Data
    • Pilih/klik cell yang akan kita input datanya.
    • Ketikkan data yang ingin kita masukkan.
    • Tekan enter untuk mengakhirinya.
    • Jika ada kesalahan, kita dapat mengedit nya dengan cara menekan F2 atau Double Klik pada cell yang salah.
    • Untuk menghapus data dari cell, kita bisa menekan tombol Backspace atau Delete pada keyboard.
  2. Memfomat Ukuran Kolom dan Baris
    • Memformat ukuran Kolom
      • Letakkan pointer pada cell yang ingin dirubah ukuran kolomnya, lalu drag mouse ke kanan dan sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
      • Dan jika kita ingin merubah ukuran beberapa kolom, hal yang pertama dilakukan adalah dengan memilih cell yang ingin kita rubah.
      • Ketika kita sudah memilih range B3:D8, maka pada bagian tsb akan terblok (muncul warna abu-abu pada cell).
        Pada Menu Home Pilih Format - Pilih Coloumn Width - Isi ukuran yang kita inginkan - Klik OK.
    • Memformat Ukuran Baris
      • Letakkan pointer pada cell yang ingin dirubah ukuran barisnya, lalu drag mouse ke bawah dan sesuaikan dengan ukuran yang diinginkan.
      • Dan jika kita ingin merubah ukuran beberapa baris, hal yang pertama dilakukan adalah dengan memilih cell yang ingin kita rubah.
      • Ketika kita sudah memilih range A7:E18, maka pada bagian tsb akan terblok (muncul warna abu-abu pada cell).
        Pada Menu Home Pilih Format - Pilih Row Width - Isi ukuran yang kita inginkan - Klik OK.
     3. Menyimpan File dan Membuka File
    • Menyimpan File
      • Klik File - Pilih Save As - Pilih Computer - Pilih Browse - Pilih (Ketik nama file dan tentukan directory/folder untuk menyimpan) - Pilih Save

    • Membuka File
      • Klik File - Pilih Open - Pilih Computer - Pilih Browse - Pilih File yang ingin dibuka - Klik Open.


Sekarang, buatlah tabel berikut didalam sheet 1 dan di awali pada cell C2 :

Jika Anda sudah berhasil membuat tabel diatas, menandakan Anda siap untuk memasuki tahap berikutnya untuk mempelajari Ms. Excel.
Untuk masuk ke Bab berikutnya klik disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar